Selasa, 24 Maret 2009

Animasi Flash dengan SwisHMax



I. Mengapa Swish
Saat ini ada banyak aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun sebuah game, seperti C,C++, visual basic. Tapi saat ini telah bermunculan program-program animasi diantaranya adalah Macromedia Flash dan SwishMax. Animasi yang dihasilkan dari program-program ini adalah berformat Flash movie (swf).
Animasi-animasinya lebih sering digunakan untuk movie/film, banner iklan, button, navigasi atau presentasi, baik dalam sebuah homepage maupun berdiri sendiri.Program ini dapat didownload secara gratis versi trialnya di http://www.swishzone.com
Dari beberapa program animasi yang ada, menurut penulis SwishMax lah yang paling mudah untuk digunakan dan mungkin juga telah menarik minat banyak kaum flasher maupun web developer.Karena, Swishmax memiliki feature yang cukup untuk menghasilkan animasi komplek yang indah,baik animasi teks, image, grafik dan suara.
SwishMax merupakan pengembangan dari Program Swish v.2, yang kini telah memiliki 230 bulit-in efek seperti efek Explode, Vortex, 3D Spin, Snake dan banyak lainnya. Seperti halnya Swish,SwishMax juga memilki alat bantu untuk membuat garis, kotak, elips, kurva bazier, gerak animasi,sprite, tombol roll over dan lainnya.Format dasar SwishMax adalah swi file, namun dapat juga diekspor kedalam file flash (swf), movie(avi) ataupun execute(exe) program yang dapat dijalankan berdiri sendiri. Sehingga animasi Swishmax dapat diletakkan langsung di web, atapun diikutkan dalam presentasi Microsoft Powerpoint dan Microsoft word.

II. Mengenal SwishMax
1.1. Spesifikasi Hardware
Program SwishMax membutuhkan beberapa klasifikasi hardware untuk dapat berjalan dengan baik.
Syarat minimun hardware yang harus dipenuhi adalah :
- Windows 95/98/NT4/2000/XP
- Pentium P2
- 64Mb RAM
- Monitor 800x600 pixel dengan 256 warna
1.2. Antarmuka SwishMax
SwishMax memiliki tampilan antarmuka/ruang kerja yang cukup bagus, yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu :
- Main menu
- Tollbox
- Tollbar-toolbar termasuk toolbar Standar, insert, dan control
- Panel-panel termasuk panel Timeline, Outline, Layout, dan Text
- Status Bar
Setiap komponen tersebut diatas masing-masing memiliki berbagai macam fungsi dan fasilitas yang mendukung dalam pembuatan animasi Flash. Gambar berikut menampilkan masing-masing
komponen yang telah disebutkan diatas.

1.2.1. Main Menu
Main Menu merupakan menu utama dari SwishMax, karena didalmnya terdapat menu-menu yang akan sering kita gunakan. Main menu terletak dibagian paling atas dari window SwishMax.Menu-menu ini juga dapat diakses melalui tollbar-toolbar yang ada.
Menu-menu yang terdapat pada main menu adalah :

a.File
Menu file memiliki beberapa submenu, diantaranya :
New (Ctrl+N) : digunakan untuk membuat movie baru
Open (Ctrl+O) : digunakan untuk membuka file .swi (movie Swishmax) atau file-file format lain tapi masih didukung oleh SwishMax.
Save (Ctrl+S) : digunakan untuk menyimpan movie yang sedang aktif
Save As : digunakan untuk menyimpan movie yang aktif dengan nama baru
Export : digunakan untuk mengexpor movie SwishMax menjadi file .swf, movie(.avi),file .html dan file execute (.exe).

b.Edit
Menu Edit memungkinkan kita melakukan editing/perubahan pada suatu movie.Submenu dari menu edit antara lain :
- Copy : digunakan untuk meng-copy object atau efek yang dipilih ke clipboard
- Paste : digunakan untuk men-paste object atau efek dari Clipboard ke movie SwishMax yang sedang aktif
Delete : digunakan untuk menghapus object atau efek yang sedang dipilih

c.View
Menu View berisi fasilitas untuk mengubah tampilan movie, mengatur tollbar yang ditampilkan,menampilkan grid dan sebagainya. Menu View memilki submenu antara lain :
- Zoom In : digunakan untuk memperbesar tampilan pada panel layout
- Zoom Out : digunakan untuk mempekecil tampilan pada panel layout
- Fit Scene In Window : digunakan untuk menampilkan supaya scene tampak semuanya/mencukupi pada panel layout

d. Insert
Menu Insert digunakan untuk menambahkan suatu objek kedalam movie, baik berupa text, button,sprite dan lainnya. Selain objek, melalui menu ini juga efek dan Script ditambahkan kedalam objek
atau movie. Submenunya antara ain :
- Scene : untuk menambahkan scene baru kedalam movie
- Text : digunakan untuk menyisipkan teks kedalam scene/sprite/group.
- Button : digunakan ntuk menambahkan button/tombol kedalam scene/sprite/group.
- Sprite : digunakan untuk menyisipkan sprite kedalam scene/sprite/group.
- Image : digunakan untuk menyisipkan image/gambar kedalam scene/sprite/group.
- Content : untuk menyisipkan file eksternal kedalam movie. Perintah ini sama dengan perintah file �� Import
- Effect : igunakan untuk menambahkan efek pada objek yang dipilih. Efek yang tersedia cukup banyak pada SwishMax, dan dapat langsung dilihat.
- Script : digunakan untuk menambahkan script/ perintah pada suatu objek atau pada frame yang dipilih. Script disini dapat berupa Event, Action atau Difine Functions. Script yang telah dibuat dapat diedit pada Panel Script (berbentuk “tab” berdampingan dengan Layout”
Baris teratas merupakan frame events yang berhubungan dengan action-action pada scene sedangkan baris dibawahnya merupakan frame yang berhubungan dengan objek-objek yang ada pada Scene.

2.3.4. Object
Dalam Swishmax dikenal ada dua obyek, yaitu Obyek Sederhana dan Obyek Komplek
Obyek Sederhana
Obyek sederhana hanya mengandung sebuah elemen/elemen tunggal. Obyek sederhana dalam SwishMax meliputi :
- Shape Objects
- Button Objects
- Sprite Objects
- Instance Objects
- Text Objects (input, dynamic dan static dimana “Target” dicentang)
- Groups Objects (yang diberi nama dan “Target” dicentang)
Sound Objects
Obyek Komplek
Obyek komplek terbuat dari beberapa shape yang meliputi :
- Text Objects (statics dan “Target” tidak dicentang)
- Groups Objects ( yang tidak diberi nama atau “Target” tidak dicentang)
action-action yang ada pada mode Guide yang akan digunakan
antara lain :
- Stop : digunakan untuk menghentikan movie atau sprite yang sedang dimainkan.
- Goto and Play : digunakan untuk menuju frame tertentu.
Gambar diatas menunjukkan bahwa movie akan diteruskan ke Frame 1 pada Scene_1.

- If : digunakan untuk mengecek suatu varibel yang bernilai true atau false.
- Else : mengeksekusi alternative statement dari action If
- For : adalah sebuah perintah pengulangan yang bersyarat. For memiliki tiga elemen, yang pertama menyatakan kondisinya, yang kedua adalah syarat yang akan dieksekusi, dan yangketiga adalah pengulangannya.
Gambar menunjukkan akan terjadi pengulangan dari nilai 0 sampai 4 dengan penambahan 1.
Maka hasil pada debug windows adalah “0,1,2,3,4” (trace (i) digunakan untuk menuliskan output pada debug window)

- Evaluate : digunakan untuk menentukan suatu nilai dari sebuah variable
- Name = expr : digunakan untuk mengubah property dari suatu obyek.
gasm
Action diatas akan menambah 10 pixels sumbu X dari obyek “MySprite”

- loadVariableNum : digunakan untuk membaca data dari external file, seperti asp, php ataupun file text.
gam
Action diatas akan memanggil file “text.txt“ untuk digunakan dalam movie. Perlu diperhatikan, jika akan membuat file .txt, format agar dapat digunakan oleh SwisHscript adalah diawali dan diakhiri dengan tanda “&”. Misalnya kita membuat variable &nama=nyoman&alamat=bali& dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar